Popular Template

Mengatasi Hasil Printer Yang bergaris

Friday, July 20, 20120 komentar


Canon IP Series
Salah satu perangkat yang berperan aktif dalam proses penyemprotan tinta adalah cartridge. Hal ini bisa saja terjadi yang diakibatkan oleh printhead katridge kotor/tersumbat akibat dari jarang digunakan atau cara pengisian tinta yang salah, jenis tinta yang dipakai sering diganti-ganti.
Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan diantaranya :
  1. Coba periksa cartridge dengan mengusapkan printhead diatas tissu, apakah terdapat tinta atau tidak sama sekali, atau ada akan tetapi tidak merata. Jika tidak ada sama sekali, atau ada tetapi tidak merata, maka dipastikan bahwa printheadnya kotor dan perlu dibersikan.
  2. Untuk membersikan printhead, gunakan cairan nossel khusus head. Teteskan pada printhead dan diamkan sekitar 1 menit dan usapkan lagi dengan tissu.
  3. Setelah langkah kedua dilakukan, maka selanjutnya lakukan penyedotan tinta melalui printhead menggunakan refill klip. Tarik / sedot tinta menggunakan tabung suntik tinta tanpa jarum sekitar 5 – 10 ml. Ulangi langkah ini jika, tinta tidak tertarik dalam tabung suntik tinta.
  4. Coba usapkan lagi cartidge menggunakan tissu, jika hasil yang dimunculkan ditissu sudah merata, maka saya ucapkan selamat. Anda telah berhasil mengatasi masalah  ini.
  5. Akan tetapi jika langkah empat belum berhasil, pastikan catridge telah diisi tinta sebelumnya dengan mengisi tinta yang sesuai.
  6. Dan coba lakukan langkah empat diatas. Pada langkah ini, seharusnya tinta sudah normal, apabila belum mengatasi masalah, coba rendam catridge dengan menggunakan cairan khusus nossel selama beberapa jam.
  7. Setelah langkah enam dilakukan, ulangi langkah empat. Sampai hasilnya merata pada tissu.
  8. Pasang catridge kembali pada dudukannya.
  9. Lakukan cleaning 2-3 kali.
  10. Dan terakhir lakukan headcleaning sekali.
Demikian cara Mengatasi masalah hasil print bergaris pada printer canon ip series, semoga bermanfaat.
Share this article :

Post a Comment

Total Pageviews

Translate

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muda Karya Karangjambe - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger