Popular Template

Facebook (Sebelah Surga Sebelah Neraka)

Wednesday, July 4, 20120 komentar

Muda Karya - Mungkin rekan-rekan tidak asing lagi mendengar kata facebook yaitu suatu situs jejaring sosial, yang sekarang begitu tenar di tengah masyarakat. Baik kalangan tua maupun muda. Mungkin hampir tiap hari kita tidak lupa untuk membuka facebook, sampai-sampai buka facebook dijadikan suatu keharusan dalam keseharian, tanpa facebook terasa hampa. hahaa.. terlalu Lebai.. Ya kita tidak hanya Update status, nulis koment, chating, dan lain-lain. Tapi kita pun harus tahu apa si facebook itu?? Nah setelah saya membaca buku yang berjudul "Facebook Sebelah Surga Sebelah Neraka" Karya Yuniardi Syukur jebolan Universitas Indonesia (UI) S2 Jurusan Politik dan hubungan international. Buku ini saya beli ketika mengunjungi acara Pekan Raya Banyumas di Gedung Auditorium Unsoed (Universitas Soe dirman) kemarin. Buku ini sangat menarik, yang mengenai Sejarah facebook, Memahami Aplikasi Facebook, dan Dakwah Via Facebook. Ada juga bacaan yang mengenai manfaat dan bahaya facebook. Yang pertama saya akan berbagi cerita sejarah facebook yang dimuat dari buku ini.
Facebook sendiri didirikan oleh seorang mahasiswa dari Universitas Harvard, Universitas yang paling bergengsi di dunia dan mempunyai pendapatan terbesar diantara Universitas yang lain di dunia. Yaitu yang bernama Mark Elliot Zuckerberg, Ia dilahirkan pada 14 Mei 1984, ternyata saat ini baru berumur 28 tahun masih relatif muda. Ayahnya yang bernama Edward dan ibunya bernama Karen Zuckerberg. Mark adalah seorang programer komputer dan pengusaha muda yang berasal dari Negeri Paman Sam Amerika Serikat. Ia menjadi kaya raya karena berhasil mendirikan atau mengembangkan situs jejaring sosial Facebook saat masih kuliah dibantu dengan teman satu kampusnya bernama Andrew McCollum, teman sekamarnya Dustin Moskovitz serta Crish Hughes. Saat ini ia menjabat sebagai CEO Facebook. Keanggotaan facebook awalnya dibatasi hanya untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjtnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah kampus lain di wilayah Boston College, Boston University, Massachusetts Institute of Technology (MIT), Tufts, Rochester, Standford, Northwestern, dan seluruh kampus yang termasuk dalam Ivy League.Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaa besar. Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar diantara situs-situs lain yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke 60 ke posisi ke 7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupaka situs untuk foto nomer satu di Amerika Serikat. 


Manfaat dan Bahaya Facebook
Facebook bagaiakan pisau bermata dua, banyak manfaatnya banyak juga digunakan untuk kejahatan.
Facebook juga dapat digunakan sebagai wadah silaturrohim di dunia maya, pun juga dapat sebagai sarana maksiat. Untuk manfaat Facebook sendiri dalam kehidupan sehari-hari antara lain :
1. Sarana Mencari Teman. Baik teman baru maupun teman lama.
2. Sarana Dakwah Sebagai contoh ada seorang pria di Texas Amerika Serikat beralih pada islam setelah Chatting dan berdiskusi tentang islam. dia bertanya ketika pemboman gedung WTC , apakah umat islam yang melakukannya..?? Ketika dijelaskan bahwa Islam adalah agama yang damai, melarang umatnya memerangi umat yang berdamai/bersahabat dengan umat islam.
3. Menyimpan File/tulisan, tulisan yang tersimpan di Facebook akan tetap ada selama account kita aktif, dissat komputer kita kena virus atau mati total kita dapat membuka di Facebook.


Selain itu juga Facebook mengandung bahaya, orang yang mempunyai niat buruk cenderung memanfaatkan keburukan itu di media apa pun, tak terkecuali dengan facebook. Orang yang sering merasa kesepian cenderung juga punya potensi untuk tidak terkendali dalam berfacebook.


Adapun bahaya facebook antara lain :
1. Kecanduan, banyak dari facebooker yang lebih dari satu jam di depan komputer. Karena asyik berbalas komputer/ Chatting sampai lupa kepada waktu, Seorang ibu pernah berkata " Saya ngga enak banget deh kalo satu hari nggak ganti status" facebook juga sebagai sarana untuk mengungkapkan apa yang kita rasakan. Oleh karena itu, karena ingin didengar oleh orang lain, maka statusnya harus selalu di-update. Dan jika tidak sempat meng-update-nya, hati menjadi tak enak. Jika ini terjadi pada Anda , berarti Anda harus berhati-hati. Anda tengah kecanduan Facebook!
2. Lalai, Kelallaian ini bisa bermacam-macam yang disebabkan karena menganggap bahwa account facebook yang dibuatnya sebagai miliknya, sehingga mau bagaimanapun isinya, itu "adalah Hak saya". Maka tak jarang ada seorang perempuan yang sehari-hari berjilbab, namun kemudian juga memosting fotonya yang tidak berjilbab. Alasannya iini kan hak saya!
3. Menganggu pekerjaan. Turunan dari kecanduan adalah mengganggu pekerjaan. Pekerjaan menumpuk, namun karena keasyikan ber-Facebook ria, akhirnya sesorang melupakan. Untuk menghindari gangguan yang paling aman, tidak usah membuka facebook, kecuali setelah pekerjaan tuntas.

Ya mungkin sampai sini dulu wacana yang dapat saya rangkum, semoga bermanfaat. Untuk wacana selanjutnya akan diposting yang akan datang.

Dirangkum oleh : Agus Liana
Share this article :

Post a Comment

Total Pageviews

Translate

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Muda Karya Karangjambe - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger